Manfaat Ulat Kandang Untuk Murai Batu

Seperti yang kita ketahui, Murai Batu merupakan salah satu jenis burung untuk berkicau yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. 

Ini karena Murai Batu terkenal dengan suara kicaunya yang merdu dan bulunya yang indah. Namun, untuk mencapai kinerja dan perilaku yang optimal dari Murai Batu, diperlukan perawatan dan pemeliharaan harian yang tepat dari pemiliknya. 

Perawatan sehari-hari Murai Batu tidak hanya mencakup sumber makanan utamanya, tetapi juga membutuhkan makanan tambahan atau extra fooding (EF).

Salah satu makanan tambahan yang biasa diberikan kepada Murai Batu oleh pemiliknya adalah kandang jentik. 

Hal ini karena kandang jentik sendiri mengandung nutrisi dan gizi yang cukup banyak yang dapat menunjang kondisi kesehatan burung.

Oleh karena itu, jika ingin memberikan pakan tambahan berupa kandang jentik kepada Murai Batu, penting untuk memahami manfaatnya terlebih dahulu. 

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara detail manfaat sangkar jentik untuk Murai Batu, beserta cara pemberiannya yang benar.

Manfaat Ulat Kandang Untuk Murai Batu Harian Atau Lomba

Meski memang benar jentik sangkar kalah populer dibandingkan jentik hongkong, namun penelitian tentang kandungan nutrisi jentik sangkar membuktikan bahwa pakan jenis ini memiliki banyak manfaat bagi burung kicau. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat kandang jentik bagi Murai Batu yang akan dijelaskan secara detail di bawah ini.

1. Meningkatkan Mental Murai Batu

Manfaat pemberian pakan ulat kandang pada Murai Batu yang pertama adalah secara alami dapat meningkatkan agresinya. Hal ini sudah dibuktikan oleh para senior peminat Murai Batu. Selain Murai Batu, jenis burung lain seperti Kacer, Trucukan, dan lainnya juga bisa memanfaatkan ulat kandang untuk meningkatkan mentalnya.

2. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Murai Batu

Manfaat selanjutnya adalah ulat kandang dapat memberikan nutrisi dan nutrisi yang dibutuhkan Murai Batu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ulat kandang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ulat hongkong. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak masyarakat yang memanfaatkan ulat kandang sebagai tambahan sumber pakan Murai Batu.

3. Menstabilkan Musim Kawin Murai Batu

Salah satu manfaat pemberian pakan Murai Batu dengan cacing kandang adalah membantu menjaga musim kawinnya tetap stabil dan teratur. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Murai Batu memiliki tingkatan musim kawin yang berbeda-beda, artinya Anda perlu memperhatikan asupan makanan harian mereka.

4. Meningkatkan Stamina Murai Batu

Sama halnya dengan manfaat cacing tanah untuk Murai Batu, cacing kandang juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina atau energinya. Kandungan lemak dan protein pada cacing kandang dapat membantu menjaga stamina Murai Batu. Oleh karena itu, cacing kandang cocok sebagai pakan tambahan sebelum Murai Batu mengikuti perlombaan.

5. Mudah Dicerna untuk Murai Batu

Terakhir, cacing kandang mudah dicerna karena ukurannya lebih kecil dibandingkan jenis cacing lainnya. Selain itu, tekstur cacing kandang tidak begitu keras sehingga mudah dicerna oleh Murai Batu dan jenis burung peliharaan lainnya.

Cara Pemberian Ulat Kandang

Setelah mengetahui beberapa manfaat ulat kandang untuk Murai Batu berdasarkan kandungan nutrisi dan gizinya, perlu juga dipahami kapan waktu yang tepat dan cara yang benar dalam memberikannya. Pemberian ulat kandang sebagai pakan tambahan untuk Murai Batu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi burung.

Namun, umumnya para penggemar Murai Batu menggunakan ulat kandang sebagai pakan tambahan sebelum burung mereka mengikuti perlombaan atau kontes. Sebelum pertandingan dimulai, pemilik Murai Batu umumnya memberikan satu sendok ulat kandang yang ditempatkan di dalam cepuk khusus H-1.

Selain itu, ulat kandang juga bisa diberikan sebagai pakan tambahan setiap hari untuk Murai Batu. Pemberian ulat kandang bisa dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Waktu ideal pemberian ulat kandang pada sore hari adalah sekitar pukul 17.00.

Berbeda dengan efek kelebihan jangkrik pada Murai Batu, ulat kandang tidak menyebabkan efek samping terhadap kesehatan burung. Namun, jika Murai Batu menolak pemberian ulat kandang dalam beberapa hari berturut-turut, sebaiknya hentikan pemberiannya terlebih dahulu.

Penutup 

Terima kasih telah membaca artikel mengenai manfaat ulat kandang untuk Murai Batu. Pastikan untuk selalu mengikuti Telusuri agar tetap terinformasi mengenai hewan peliharaan dan topik lainnya yang menarik.

Jangan ragu untuk berbagi artikel ini kepada teman, keluarga, atau orang terdekat agar manfaat dari ulat kandang bisa tersebar lebih luas. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Manfaat Ulat Kandang Untuk Murai Batu"